Translate

Sabtu, 01 Desember 2012

Pengobatan Akupunktur Tekanan Darah Tinggi




Banyak orang yang menghiraukan akan bahaya dari penyakit darah tinggi, padahal salah satu cikal bakal lahirnya atau penyebab terjadinya penyakit jantung maupun stroke adalah dari penyakit darah tinggi itu sendiri.

 Penderita yang mempunyai sekurang-kurangnya tiga bacaan tekanan darah yang melebihi 140/90 mmHg saat istirahat diperkirakan mempunyai keadaan darah tinggi. 

 Tekanan darah yang selalu tinggi adalah salah satu faktor risiko untuk stroke, serangan jantung, gagal jantung dan aneurisma arterial, dan merupakan penyebab utama gagal jantung kronis.

Klasifikasi Tekanan Darah Pada Dewasa menurut JNC VII
Kategori Tekanan Darah Sistolik Tekanan Darah Diastolik
Normal < 120 mmHg (dan) < 80 mmHg
Pre-hipertensi 120-139 mmHg (atau) 80-89 mmHg
Stadium 1 140-159 mmHg (atau) 90-99 mmHg
Stadium 2 >= 160 mmHg (atau) >= 100 mmHg

Gejala Penyakit Darah Tinggi

Meskipun penyakit darah tinggi tidak menimbulkan gejala seperti penyakit lainnya, akan tetapi jika penyakit darah tinggi atau hipertensi yang sudah menahun dan tidak diobati, bisa timbul gejala seperti berkiut ini :

Sakit kepala
Kelelahan
Mual
Muntah
Sesak napas
Gelisah
Pandangan menjadi kabur yang terjadi karena adanya kerusakan pada otak, mata, jantung dan ginjal.

Kadang penderita hipertensi berat mengalami penurunan kesadaran dan bahkan koma karena terjadi pembengkakan otak. Keadaan ini disebut ensefalopati hipertensif, yang memerlukan Penanganan Segera !



Penyebab Darah Tinggi :

Penyebab atau pun pemicu yang bisa menimbulkan terjadinya penyakit darah tinggi bisa di kelompokan kedalam 2 bagian, yaitu faktor biologis dan faktor buatan (akibat diri sendiri).

Faktor biologis, seperti :

Usia

Penelitian menunjukkan bahwa seraya usia seseorang bertambah, tekanan darah pun akan meningkat.
Anda tidak dapat mengharapkan bahwa tekanan darah Anda saat muda akan sama ketika Anda bertambah tua. Namun Anda dapat mengendalikan agar jangan melewati batas atas yang normal.

Keturunan

Jika seseorang memiliki orang-tua atau saudara yang memiliki tekanan darah tinggi, maka kemungkinan ia menderita tekanan darah tinggi lebih besar. Statistik menunjukkan bahwa masalah tekanan darah tinggi lebih tinggi pada kembar identik daripada yang kembar tidak identik.Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ada bukti gen yang diturunkan untuk masalah tekanan darah tinggi.

Faktor buatan, seperti :

Garam

Garam dapat meningkatkan tekanan darah dengan cepat pada beberapa orang, khususnya bagi penderita diabetes, penderita hipertensi ringan, orang dengan usia tua, dan mereka yang berkulit hitam.

Kolesterol

Kandungan lemak yang berlebih dalam darah Anda, dapat menyebabkan timbunan kolesterol pada dinding pembuluh darah. Hal ini dapat membuat pembuluh darah menyempit dan akibatnya tekanan darah akan meningkat. Kendalikan kolesterol Anda sedini mungkin. Untuk tips mengendalikan kolesterol, silahkan lihat artikel berikut: kolesterol.

Obesitas atau Kegemukan

Orang yang memiliki berat badan di atas 30 persen berat badan ideal, memiliki kemungkinan lebih besar menderita tekanan darah tinggi.

Stress

Stres dan kondisi emosi yang tidak stabil juga dapat memicu tekanan darah tinggi.

Rokok

Merokok juga dapat meningkatkan tekanan darah menjadi tinggi. Kebiasan merokok dapat meningkatkan risiko diabetes, serangan jantung dan stroke. Karena itu, kebiasaan merokok yang terus dilanjutkan ketika memiliki tekanan darah tinggi, merupakan kombinasi yang sangat berbahaya yang akan memicu penyakit-penyakit yang berkaitan dengan jantung dan darah.

Kafein

Kafein yang terdapat pada kopi, teh maupun minuman cola bisa menyebabkan peningkatan tekanan darah.

Alkohol

Konsumsi alkohol secara berlebihan juga menyebabkan tekanan darah tinggi.

Kurang Berolahraga

Kurang olahraga dan bergerak bisa menyebabkan tekanan darah dalam tubuh meningkat. Olahraga teratur mampu menurunkan tekanan darah tinggi Anda namun jangan melakukan olahraga yang berat jika Anda menderita tekanan darah tinggi.


 Pengobatan Tekanan Darah Tinggi :

Salah satu langkah yang dapat dilakukan untuk mengobati atau menurunkan tekanan darah tinggi adalah pengobatan tradisional. Pengobatan tradisional adalah pengobatan yang telah teruji selama ribuan tahun pada zaman dahulu kala untuk mengobati penyakit ringan maupun berat. Pengobatan tradisional merupakan pengobatan tanpa efek samping dan alami. Pengobatan secara berkala dapat menyembuhkan penyakit secara total.

Pengobatan tradisional dapat berupa pengobatan akupunktur, pijat tradisional, akupresur, fisioterapi, terapi bekam, terapi kerok, refleksi kaki maupun ramuan obat-obat tradisional, Pengobatan secara holistik dapat menyembuhkan penyakit tekanan darah tinggi secara total. 

Obat Tradisional Penyakit Stroke



Penyakit Stroke adalah bercirikan terjadinya kelumpuhan sebagai akibat dari rusaknya pembuluh darah di otak. Penyebab stroke ini antara lain karena tekanan darah tinggi, gula dalam darah tinggi atau kolesterol tinggi.

Stroke termasuk penyakit serebrovaskuler (pembuluh darah otak) yang ditandai dengan kematian jaringan otak (infark serebral) yang terjadi karena berkurangnya aliran darah dan oksigen ke otak. Berkurangnya aliran darah dan oksigen ini bisa dikarenakan adanya sumbatan, penyempitan atau pecahnya pembuluh darah.
Stroke dibagi menjadi dua jenis yaitu:
1. Stroke iskemik yaitu tersumbatnya pembuluh darah yang menyebabkan aliran darah ke otak sebagian atau keseluruhan terhenti. 80% stroke adalah stroke Iskemik. Stroke iskemik ini dibagi menjadi 3 jenis, yaitu :
a. Stroke Trombotik: proses terbentuknya thrombus yang membuat penggumpalan.
b. Stroke Embolik: Tertutupnya pembuluh arteri oleh bekuan darah.
c. Hipoperfusion Sistemik: Berkurangnya aliran darah ke seluruh bagian tubuh karena adanya gangguan denyut jantung.
2. Stroke hemoragik yaitu stroke yang disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah otak. Hampir 70% kasus stroke hemoragik terjadi pada penderita hipertensi. Stroke hemoragik ada 2 jenis, yaitu:
a. Hemoragik Intraserebral: pendarahan yang terjadi didalam jaringan otak.
b. Hemoragik Subaraknoid: pendarahan yang terjadi pada ruang subaraknoid (ruang sempit antara permukaan otak dan lapisan jaringan yang menutupi otak).
Faktor Penyebab Penyakit stroke
Faktor resiko medis, antara lain Hipertensi (penyakit tekanan darah tinggi), Kolesterol, Aterosklerosis (pengerasan pembuluh darah), Gangguan jantung, diabetes, Riwayat stroke dalam keluarga, Migrain.
Faktor resiko perilaku, antara lain Merokok (aktif & pasif), Makanan tidak sehat (junk food, fast food), Alkohol, Kurang olahraga, Mendengkur, Kontrasepsi oral, Narkoba, Obesitas.
80% pemicu penyakit stroke adalah hipertensi dan arteriosklerosis, Menurut statistik. 93% pengidap penyakit trombosis ada hubungannya dengan penyakit tekanan darah tinggi/hipertensi.
Pemicu stroke pada dasarnya adalah, suasana hati yang tidak nyaman (marah-marah), terlalu banyak minum alkohol, merokok dan senang mengkonsumsi makanan yang berlemak.
Akibat Stroke lainnya:
  • 80% penurunan parsial/ total gerakan lengan dan tungkai.
  • 80-90% bermasalah dalam berpikir dan mengingat.
  • 70% menderita depresi.
  • 30 % mengalami kesulitan bicara, menelan, membedakan kanan dan kiri.
Stroke tak lagi hanya menyerang kelompok lansia, namum kini cenderung menyerang generasi muda yang masih produktif. Stroke juga tak lagi menjadi milik warga kota yang berkecukupan , namun juga dialami oleh warga pedesaan yang hidup dengan serba keterbatasan.
Hal ini akan berdampak terhadap menurunnya tingkat produktifitas serta dapat mengakibatkan terganggunya sosial ekonomi keluarga. Selain karena besarnya biaya pengobatan paska stroke , juga yang menderita stroke adalah tulang punggung keluarga yang biasanya kurang melakukan gaya hidup sehat, akibat kesibukan yang padat.
Tanda dan Gejala Stroke 
Berdasarkan lokasinya di tubuh, gejala-gejala stroke terbagi menjadi berikut:
1. Bagian sistem saraf pusat : Kelemahan otot (hemiplegia), kaku, menurunnya fungsi sensorik
2. Batang otak, dimana terdapat 12 saraf kranial: menurun kemampuan membau, mengecap, mendengar, dan melihat parsial atau keseluruhan, refleks menurun, ekspresi wajah terganggu, pernafasan dan detak jantung terganggu, lidah lemah.
3. Cerebral cortex: aphasia, apraxia, daya ingat menurun, hemineglect, kebingungan.
Jika tanda-tanda dan gejala tersebut hilang dalam waktu 24 jam, dinyatakan sebagai Transient Ischemic Attack (TIA), dimana merupakan serangan kecil atau serangan awal stroke.
Pengobatan Penyakit Stroke Ini dapat di dilakukan dengan banyak cara diataranya dengan obat-obat kimia ataupun dengan terapi tetapi di antara itu masih banyak cara yaitu dengan penggunaan obat herbal penyakit stroke atau obat tradisional penyakit stroke. Obat Tradisional atau obat herbal biasanya tidak memiliki efek samping terhadap organ lainnya.
Terapi yang cukup efektif untuk penyakit stroke yang telah dikenal ribuan tahun yang lalu sebagai terapi tradisional adalah terapi akupunktur. Manfaat terapi akupunktur telah terbukti melalui penelitian di berbagai negara dapat mengaktifkan fungsi sel otak dan motorik. Survey yang dilakukan oleh beberapa negara terhadap manfaat akupunktur terhadap pasien stroke mendapatkan perubahan yang cukup signifikan antara pasien yang tidak di akupunktur maupun pasien yang telah di akupunktur. Perubahan dapat mencapai 50 % - 90 % dari tingkat kesembuhan pasien.

Terapi Akupunktur untuk Sakit Lutut / Tumit / Sendi



Osteoartritis (OA) lutut adalah penyakit degenerasi sendi lutut akibat kerusakan tulang rawan sendi lutut. Penyakit ini biasa terjadi pada seseorang dengan mobilitas yang tinggi atau pada penderita obesitas (kegemukan). Kondisi tersebut menyebabkan nyeri sendi dan terbatasnya fungsi sendi (kekakuan) lutut sehingga membuat seseorang mengalami penurunan kualitas hidup akibat terbatasnya gerakan sendi lutut.

Gangguan sakit sendi lutut seringkali membuat penderita tersiksa. Hal ini akibat penggumpalan lemak pada suatu jaringan. Penyakit ini lebih banyak diderita oleh orang yang berbadan gemuk.Daerah lutut bagian belakangnya berupa lekuk, yang disebut lekuk lutut. Gangguan pada lekuk lutut adalah, apabila lapisan lemak pada bawah kulit lekuk lutut menebal dan kemungkinan mengeras. Hal ini dapat menyebabkan gerak sendi lutut terbatas, sehingga terasa sakit bila memindahkan posisi lutut, atau menekuk lutut. Keadaan ini dikenal dengan nama rifoma (sakit lutut). Rifoma mengganggu lutut daerah depan yaitu pada os patella dan legamentum patellae. Penyebab rifoma pada umunya ialah jaringan lemak yang menggumpal di bagian tertentu dan berisiko kontraksi pada otot sekitarnya.

Gejala sakit lutut juga dapat disebabkan oleh rem
atik dan pengapuran, bila sakit nyerinya berpindah pindah tempat dan sering kambuh ketika cuaca mendung (hujan) biasanya disebabkan oleh rematik, namun bila sakitnya menetap dibeberapa bagian persendian saja, biasanya disebabkan oleh pengapuran.
Pengapuran pada lutut merupakan salah satu tanda terjadinya osteoarthritis . Osteoartritis (OA) dikenali sebagaiarthritis degenerative, gangguan yang terjadi seiring bertambahnya umur, terutama mengenai sendi yang menopang berat badan, seperti lutut, dan panggul, meski tak jarang juga terjadi pada tangan dan kaki.

Faktor Penyebab :

Usia dan Genetik dikatakan merupakan faktor resiko terjadinya OA.Rawan sendi menipis bersama pertambahan usia. Rawan sendi yang menipis menyebabkan gesekan antar tulang , menimbulkan nyeri dan terbatasnya gerak lutut. Gerakan berulang sendi lutut bertahun- tahun mengiritasi dan menyebabkan peradangan . Tulang rawan yang radang memicu terjadinya pertumbuhan tulang tidak pada tempatnya (spur/ perkapuran.) di sekitar sendi. OA juga sering ditemukan pada beberapa orang dalam suatu keluarga, sehingga faktor keturunan tak bisa dihindarkan.
Hal lain yang merupakan faktor resiko, mencakup kegemukan, jenis kelamin (perempuan cenderung lebih banyak terjadi ), trauma, kelemahan otot, sendi yang tidak stabil, meningkatnya pembebanan dinamik. Individu dengan obesitas cenderung mengalami OA lutut 300-400% . Sepatu yang terlalu tinggi, sempit, berat, alas sepatu (sol) yang keras dan kurang lentur , bisa menjadi penyebab.
GejalaNyeri dan kekakuan merupakan hal yang sering dikeluhkan. Nyeri sendi biasanya bersifat tumpul bedakan dengan nyeri yang tajam menusuk, sampaikan dengan jelas pada dokter. Sifat nyeri yang berbeda , akan memberikan diagnosa berbeda. Nyeri dirasakan setelah aktivitas berulang. Nyeri saat istirahat dapat terjadi , pada OA yang berat. Rawan sendi bisa hilang sama sekali, sehingga terjadi pergeseran antar tulang, yang berakibat keterbatasan gerakan persendian.
Kaku sendi, merupakan rasa seperti diikat yang biasanya singkat, tidak lebih dari setengah jam. Nyeri dan kekakuan sendi dapat juga timbul setelah bangun tidur, atau setelah duduk yang lama ( naik kereta api, nonton film).
Gejala lain pada OA lutut berupa bengkak , teraba hangat dan bunyi (creaking); bowleg , bila degenerasi tulang rawan sangat progresif; sedangkan bony enlargement sering menyertai terbentuknya perkapuran.
Gejala OA dirasakan bervariasi diantara individu yang terkena. Beberapa orang menjadi “cacat” karena gejalanya. Namun ada juga gejala yang dirasakan tidak sedramatis tampilan degenerasi sendi yang citra dari foto rotgen. Bahkan nyeri tidak selalu dirasakan, seringkali hilang timbul. Tak jarang adamasa bebas nyeri yang lama , hingga dalam hitungan tahun.

Penelitian pada akupunktur membuktikan bahwa akupunktur dapat memperbaiki dan meregenerasi kerusakan jaringan termasuk diantaranya kulit, otot, tendon, sendi dan syaraf, karena akupunktur dapat meningkatkan sirkulasi darah lokal, mengabsorbsi peradangan dan meningkatkan nutrisi serta metabolisme dan juga memperbaiki tulang rawan disekitar jaringan sendi yang rusak tanpa menyebabkan efek samping pada organ tubuh lain.

Terapi Akupunktur Telinga Atasi Obesitas



Penggunaan akupunktur sebagai salah satu alternatif untuk membantu program pengurangan berat badan telah terbukti sangat efektif dan tanpa efek samping. Metode ini telah tersusun dan terumuskan sejak sekitar 3.000 tahun sebelum masehi.
Para dokter ahli akupuntur yang telah melakukan berbagai riset, sampai pada kesimpulan bahwa akupuntur pada telinga memberikan efek yang baik.
Penekanan jarum telinga merangsang ramus auricularis Nervus Vagus, melalui Nervus Vagus disalurkan ke cabang-cabang yang memepengaruhi system gastrointestinal atau sistem pencernaan bagian atas. Kontraksi otot ditekan sehingga keadan lambung menjadi tenang, sehingga rasa lapar berkurang dan rasa lapar berkurang pula.
Sementara itu, studi yang muncul dalam Journal of NeuroImage menyebutkan bahwa teknik yang digunakan akupuntur selama ini ternyata dengan cara meningkatkan kemampuan Mu-Opoid Receptors (MOR) pada bagian otak dan mengurangi sinyal sakit, yang terdapat spesifik pada kelenjar-kelenjar cingulate, insula, caudate, thalamus dan amygdala.
Para ahli melihat fakta yang sama pada pemakaian obat-obatan dalam dunia medis, dimana obat-obatan penghilang rasa sakit seperti morfin, codeine dan lainnya ternyata juga bekerja dengan mengikat reseptor tersebut (MOR) pada bagian otak serta tulang belakang.
"Kemampuan mengikat reseptor inilah yang dapat menurunkan rasa sakit," ujar Richard E. Harris, PhD, seorang peneliti dari Chronic Pain and Fatigue Research Center.

Akupunktur Osteopororis (Keropos Tulang)




Osteoporosis atau kerap disebut penyakit keropos tulang adalah salah satu penyakit yang terjadi pada tulang karena berkurangnya massa dan kepadatan tulang. Akibat dari osteoporosis, tulang-tulang menjadi rapuh dan mudah patah. 

Osteoporosis adalah penyakit tulang yang mempunyai sifat-sifat khas berupa massa tulang yang rendah, disertai mikro arsitektur tulang dan penurunan kualitas jaringan tulang yang dapat akhirnya menimbulkan kerapuhan tulang.

Sekitar 80% penderita penyakit osteoporosis adalah wanita, termasuk wanita muda yang mengalami penghentian siklus menstruasi (amenorrhea). Hilangnya hormon estrogen setelah menopause meningkatkan risiko terkena osteoporosis. Tidak dapat dipungkiri penyakit osteoporosis pada wanita dipengaruhi oleh hormon estrogen. Namun karena gejala baru muncul setelah usia 50 tahun, penyakit osteoporosis tidak mudah dideteksi secara dini.

Meskipun penyakit osteoporosis lebih banyak menyerang wanita, pria tetap memiliki risiko terkena penyakit osteoporosis. Sama seperti pada wanita, penyakit osteoporosis pada pria juga dipengaruhi estrogen. Bedanya, laki-laki tidak mengalami menopause, sehingga osteoporosis datang lebih lambat.

Penyebab Osteoporosis

Secara umum penyakit osteoporosis disebabkan karena kurangnya kadar kalsium dalam kadar makanan yang dikomsumsi sehari-hari sehingga secara perlahan darah mengambil kalsium dari tulang untuk memenuhi kebutuhan 1 %  kalsiumdalam darah selain juga dapat disebabkan karena pola hidup yang tidak sehat sejak muda, seperti merokok, makan makanan siap saji, merokok, minuman beralkohol serta jarang berolahraga yang akan mempercepat proses penurunan kepadatan tulang.

Gejala Osteoporosis 

1. Sering mengalami sakit punggung dan pinggang
2. Kehilangan tinggi badan
3. Kelainan bentuk tulang belakang seperti badan mulai membungkuk
4. Postur kaki mulai membengkok seperti 0
5. Osteoporosis dapat terjadi pada setiap tulang anda, tetapi paling umum pada pergelangan tangan, pinggul dan tulang belakang.

Pengobatan Osteoporosis 

Terapi akupunktur menurut Center for Integrative Medicine University of Maryland, AS merupakan metode pengobatan nyeri yang efektif seperti nyeri osteoporosis. Hal ini telah dibuktikan melalui beberapa penelitian yang juga menemukan bahwa akupuntur juga mengurangi serta menyembuhkan keropos tulang.

Akupunktur dapat melepaskan neurotransmitter seperti serotonin dan dopamine yang membuat tubuh menjadi tenang, yang juga menenangkan pencernaan. Selain membantu menenangkan pencernaan, akupuntur juga dapat mengurangi rasa sakit terus menerus dan mengurangi pusing yang diakibatkan oleh osteoporosis. Akupunktur juga dapat berfungsi untuk membantu tubuh untuk memadatkan tulang.

Akupunktur Osteoarthritis (Pengapuran Tulang)




Osteoarthritisadalah suatu gangguan persendian dimana terjadi perubahan berkurangnya tulang rawan sendi dan terjadi hipertropi tulang hingga terbentuk tonjolan tulang pada permukaan sendi (osteopit).

Keluhan sakit sendi biasanya hilang-hilang timbul dan menyerang hanya beberapa persendian. Pada tahap awal, nyeri sendi timbul bila selesai latihan fisik yang berat dan kemudian hilang setelah istirahat. Keluhan kemudian berlanjut menjadi kekakuan sendi sewaktu bangun pagi yang hilang dalam waktu 15-30 menit dan makin berkurang setelah digerakkan. 

Berbeda dengan osteoporosis yang berarti pengapuran pada tulang, maka osteoarhritis adalah pengapuran pada sendi. Di dalam tubuh manusia terdiri atas 206 tulang dan 230 sendi. Lebih jelasnya, osteoartritis adalah suatu penyakit sendi menahun yang ditandai dengan adanya kemunduran pada tulang rawan sendi dan tulang di dekatnya, yang bisa menyebabkan nyeri sendi dan kekakuan.

Pengapuran sendi pasti akan dirasakan setiap orang, terutama oleh orang yang sudah berusia lebih dari 40 tahun. Akan tetapi, hal itu dapat terjadi lebih dini. Osteoarhritis bisa dialami orang dewasa yang pernah mengalami kecelakaan, infeksi pada sendi, atau bisa juga pada bayi yang mengalami kelainan bawaan.

Osteoarhritis bisa terjadi hampir pada semua sendi. Biasanya terjadi pada sendi yang biasa menahan beban berat dan juga pada sendi yang sering digunakan, misalnya lutut, pinggul, punggung atau tulang belakang, tangan, dan kaki.
Gejala yang ditimbulkan dari osteoarhritis datang secara bertahap. Biasanya diawali dari satu sendi, adanya nyeri sendi, kesulitan naik dan turun tangga, sulit berdiri setelah lama duduk atau jongkok.

Orang-orang yang rentan dan berisiko tinggi terkena penyakit itu adalah orang yang pekerjaannya menimbulkan penekanan berulang pada sendi. Penyakit yang timbul jika terjadi pengapuran pada sendi bisa sampai mengakibatkan berubahnya bentuk sendi.

 Osteoarthritis disebabkan oleh beberapa hal sebagai berikut :
 
- Kelebihan berat badan atau obesitas. Biasanya juga akan menimpa pada penderita diabetes.

- Semakin bertambahnya usia yang semakin menua disertai dengan cedera pada persendian dan otot.
- Sendi yang tidak benar terbentuk dan adanya cacat genetik pada tulang rawan sendi.
- Mengerjakan suatu pekerjaan dan olahraga yang terlalu berlebihan.
- Masalah konsumsi gizi juga dapat menyebabkan terjadinya Osteoarthritis, seperti minimnya konsumsi kalsium dan terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi makanan manis sehinnga menyebabkan obesitas seperti yang telah dikatakan sebelumnya.
- Metabolisme tubuh yang salah dapat menyebabkan Osteoarthritis, seperti penyakit paget dan penyakit Wilson
- Adanya cacat genetic seperti gangguan kolagen, yang dapat meningkatkan kerusakan dari arsitektur pelindung tulang rawan.

 Penyebab osteoarthritis yaitu :

1. Otot
Jika otot lemah, persediaan menjadi lebih tegang dan dapat membuat tendon sobek, akhirnya menyebabkan osteoarthritis
2. Kartilago
Kecelakaan, usia dan faktor-faktor lainnya dapat menyebabkan kartilago rusak. Jika kartilago rusak, antara tulang satu dengan tulang yang lain menjadi saling bersinggungan dan akhirnya menyebabkan osteoarthritis
3. Tulang
Perubahan struktur tulang dapat berpengaruh terhadap bentuk persendian yang memicu rusaknya kartilago dan akhirnya menjadi penyebab asteoarthritis
4. Peradangan
Ketika kartilago didegradasi sel-sel imun berkumpul dan menghancurkan jaringan yang sudah mati. Dalam hal ini, terkadang sel-sel imun menyerang sel-sel yang sehat juga. Hal ini dapat mengubah cairan dalam persendian, menyebabkan pembengkakan dan rasa sakit.
5. Tendon dan Ligamen
Persendian dapat ditahan dengan cara menyambungkan serta mengikatkan otot dan tulang. Jika terjadi kecelakaan atau pelemahan karena jarang dipakai, kartilago di lutut menjadi tidak kuat menahan beban dan akhirnya mudah jatuh dan roboh
6. Gen
Lebih dari setengah jumlah penderita arthritis memang dilahirkan dengan keadaan gen pengontrol pembentukan dan pengrusakan kartilagonya termutasi sehingga kartilagonya lebih lemah dan degredasinya terjadi lebih cepat dari seharusnya.


 Untuk pengobatan osteoarthritis, penyembuhan bisa dilakukan melalui terapi akupunktur.Terapi akupunktur yang dilakukan bisa melalui titik-titik akupunktur yang berhubungan dengan pengapuran sendi dan tulang yang diderita. Selain akupunktur, fisioterapi dan refleksi kaki dapat membantu pengapuran tulang semakin membaik dan mengurangi rasa sakit yang berlebihan.

Pengobatan Kolesterol & Asam Urat dengan Akupunktur



KOLESTEROL TINGGI
Kolesterol adalah bagian dari lemak itu sendiri berupa cairan kuning yang dapat larut dan mengalir bersama aliran darah yang akhirnya dapat menempel dan menimbun pada dinding pembuluh darah terutama pada jantung dan otak sehingga terjadi penyempitan dan pengerasan pembuluh darah dan menurut WHO ini adalah penyakit-penyakit pembunuh nomor satu di dunia.
Gejalanya : Stres, pusing kepala terasa berat, sering hilang keseimbangan, sakit bagian tengkuk belakang kepala, apabila sudah menggganggu jantung dada terasa berat dan sakit bagian kiri adakalanya bagian kanan agak sulit bernapas.

KOLESTEROL HDL
Kolesterol HDL sangat dibutuhkan tubuh, fungsinya berlawanan dengan kolesterol LDL.Fungsi HDL sebagai pembersih dan mengangkut kolesterol yang jahat ke hati atau lever untuk di proses dan dibuang sebagai asam empedu.

KOLESTEROL LDL
Kolesterol LDL merupakan alat transportasi terbesar membawa kolesterol ke seluruh tubuh.LDL ini mudah menempel dan menetap pada dinding-dinding pembuluh yang menyebabkan penimbunan lemak dan plak di tempat ini.Pembuluh darah akan menyempit dan mengeras karenanya.Proses inilah yang dinamakan aterosklerosis.

KOLESTEROL TRIGLYCERIDA
Triglycerida sama halnya LDL paling ditakuti para elit pasien penderita.Zat tersebut dapat larut dan mengalir bersama aliran darah dan menempel pada dinding pembuluh darah.

ASAM URAT TINGGI
Asam urat adalah sampah atau zat sisa dari proses olahan makanan yang mengandung purin dan protein tinggi akibat terlambat pembuangan karena kurang olahraga dan minum air bening.Asam urat dapat menimbulkan sakit reumatik€/encok, sakit persendian seperti lutut, pinggang, punggung, pundak, pinggul, sendi bahu, mengganggu prostat, saluran kemih, kandung kemih, menimbulkan batu ginjal, terakhir bisa gagal ginjal.

Gejalanya : Badan suka pegal-pegal, sakit pada otot, sakit persendian seperti lutut, pinggang, punggung, pundak, sendi bahu dan sering buang air kecil.

Mengecilkan Bentuk Tubuh dengan Akupunktur



Sejak zaman dahulu akupunktur telah dikenal oleh masyarakat RRC untuk mengobati segala macam penyakit hingga sekarang, namun seiiring dengan perkembagan zaman modern ini pengobatan akupunktur telah tersebar dan diakui oleh banyak negera karena kemampuannya akan khasiatnya menyembuhkan penyakit. Saat ini pengobatan akupunktur sangat terkenal dan selalu digunakan oleh masyarakat RRC. Salah satu bagian pengobatan akupunktur yang cukup manjur adalah akupunktur kecantikan.

Akupunktur kecantikan dapat mencakup akupunktur wajah, seperti muka kerutan, jerawat dan muka berminyak, akupunktur untuk mengecilkan bentuk tubuh, seperti pipi yang besar, lengan yang besar, dada yang besar, paha yang besar, betis yang besar, perut yang besar dan lain-lain, membesarkan bentuk tubuh, seperti membesarkan payudara dan pinggul. akupunktur juga dapat digunakan untuk mengencangkan bentuk tubuh, seperti mengencangkan dada pria maupun wanita, mengencangkan bahu, mengencangkan paha dan lain-lain.

Pengobatan akupunktur untuk mengencilkan bentuk tubuh bukan hanya terkenal oleh kalangan wanita atau ibu-ibu saja,namun bagi para kalangan pria yang ingin memperindah tubuh tanpa berolahraga juga dapat menggunakan akupunktur, seperti membuang lemak yang berlebihan di dalam perut dan dada, membuat badan menjadi tegap dan lansing, mengencangkan seluruh otot-otot badan secara permanen tanpa obat-obatan dan tanpa efek samping.

Khusus untuk para wanita, akupunktur dapat mengecilkan bentuk tubuh yang berfokus pada bagian tubuh yang kelebihan lemak, seperti perut, lengan, paha, pipi dan pinggul. Kini anda sudah tidak sulit menemukan cara untuk mengencilkan dan mengencangkan bentuk tubuh karena kami mempunyai solusinya. Tanpa olahraga, tanpa diet dan tanpa obat-obatan. Tidak ada efek sampingnya. dengan menggunakan terapi akupunktur dan akan dibantu dengan pijat pengobatan ke bagian-bagian tubuh yang kelebihan minyak atau lemak. Hanya dengan beberapa kali terapi bentuk tubuh akan menjadi berubah. Lebih percaya diri dan lebih kencang karena sesuai dengan keinginan anda. Kami dapat membuat bentuk badan sesuai dengan keinginan anda, seperti mengecilkan, menguatkan atau mengencangkan atau memperbesar. Semua bagian tubuh yang anda inginkan dapat kami perbaharui.

Hubungi Klinik Akupunktur Kami sekarang juga .

Pengobatan Penyakit Mata Tanpa Operasi



Mata adalah organ yang tubuh yang paling penting dalam seluruh askep kehidupan kita karena mata adalah jendela dunia dan mata adalah sumber segala keindahan, namun mata juga dapat terjadi gangguan dan penyakit.

Penyakit/gangguan mata dapat dikategorikan dalam berbagai jenis, seperti katarak, glaukoma, mata minus, peradangan pada konjungtivitas mata, kekeringan pada mata, rabun senja, permasalahan pada lensa mata atau retina sehingga membuat penglihatan kita menjadi bercabang atau timbul bulatan hitam pada pandangan kita, rabun jauh, infeksi/nyeri pada kelopak mata, pengeluaran air berlebihan bahkan sampai terjadi kebutaan pada mata.

Saat ini, penyakit mata yang paling banyak dialami oleh pasien adalah penyakit katarak dan glaukoma.

Katarak adalah sejenis kerusakan mata yang menyebabkan lensa mata berselaput dan rabun. Lensa mata menjadi keruh dan cahaya tidak dapat menembusinya. Keadaan ini memperburuk penglihatan seseorang dan akan menjadi butajika lewat, atau tidak dirawat. Masalah katarak berbeda dengan masalah mata glaukoma.

Glaukoma adalah salah satu jenis penyakit mata dengan gejala yang tidak langsung, yang secara bertahap menyebabkan penglihatan pandangan mata semakin lama akan semakin berkurang sehingga akhirnya mata akan menjadi buta. Hal ini disebabkan karena saluran cairan yang keluar dari bola mata terhambat sehingga bola mata akan membesar dan bola mata akan menekan saraf mata yang berada di belakang bola mata yang akhirnya saraf mata tidak mendapatkan aliran darah sehingga saraf mata akan mati.

Beberapa penyakit mata dapat disebabkan oleh :
1. adanya riwayat penyakit mata di dalam keluarga.
2. Diabetes/hipertensi
3. Kecelakaan operasi mata sebelumnya
4. Menggunakan steroid atau contact lens yang tidak benar dalam jangka waktu yang panjang
5. Migrain atau adanya kerusakan/benturan keras pada area mata.
6. Dll.
Kini pengobatan akupunktur modern telah hadir untuk memaksimalkan penyakit/gangguan mata dalam bentuk apapun, termasuk kebutaan akibat kecelakaan.Klinik Kami melayani pengobatan akupunktur mata untuk mengobati segala jenis penyakit gangguan mata, seperti katarak, glukoma, tidak bisa melihat akibat kecelakaan/kesalahan dalam operasi mata, rabun dekat dan rabun jauh, kelelahan mata dan keburaman mata yang akut maupun kronis.

Terapi Gangguan Tidur (Insomnia)



Gangguan tidur dikenal oleh banyak kalangan masyarakat sebagai insomnia, namun gangguan tidur terbagi atas 2, yaitu dyssomnia yang berupa imsomnia, hipersomnia dan gangguan jadwal tidur jaga sedangkan parasomnia mencakup somnambulisme (sleepwalking), teror tidur (Night Terrors) atau mimpi buruk (Nightmare).

Gangguan tidur merupakan gejala kelainan dari tidur yang mencakup jumlah, kualitas, waktu tidur atau kejadian-kejadian abnormal pada orang sedang tidur.

Kelompok gangguan tidur adalah :

1. Dyssomnia 
Gangguan dalam jumlah, kualitas atau waktu tidur. Penderita dapat menderita satu dari tiga macam gangguan tidur ini, yaitu terlalu banyak, terlalu sedikit tidur atau gangguan dalam jadwal atau pola tidur yang disebabkan oleh hal-hal emosional, misalnya :

a. Insomnia : Keluhan adanya kesulitan masuk tidur atau mempertahankan tidur, atau kualitas tidur yang buruk.
b. Hipersomnia : Kebutuhan tidur berlebihan, tidak pernah merasa lelah istirahat, meski sudah tidur semalaman sebagian sulit untuk bangun pada pagi hari.
c. Gangguan jadwal tidur jaga : Pola tidur-jaga dari individu tidak seirama dengan pola tidur-jaga yang normal (banyak diderita pada pekerja yang kerja malam-siang).

2. Parasomnia 
Gangguan tidur berupa adanya kejadian-kejadian abnormal pada waktu tidur atau ketika baru bangun, banyak diderita oleh anak daripada orang dewasa dan jika mulai terjadinya sudah dewasa maka lebih kronis, contohnya :

a. Somnambulisme (Sleepwalking) : Penderita tidak responsif terhadap orang lain yang mencoba membangunkannya dan mereka lupa apa yang terjadi, penderita sering melakukan makan, membuka pintu maupun berjalan keliling rumah.
b. Mimpi buruk (Nightmare) : mimpi buruknya terjadi berkali-kali dan mereka menjadi distres karena mimpinya atau gangguan yang terjadi pada tidurnya.
c. Teror tidur : sering bangun sekonyong-konyong dan panik dan bukan karena mimpi buruk, terjadi gejala-gejala fisik selain adanya pengalaman psikologis yang berupa ketakutan. Gejala fisik itu berupa berkeringat, detak jantung cepat dan sesak nafas.

Beberapa gejala penyebab gangguan tidur adalah :
1. Sering berubah-ubah jam tidur /jam kerja
2. Bekerja pada malam hari
3. Penggunaan obat terlarang atau alkohol yang berlebihan
4. Efek samping obat
5. Kerusakan pada otak (stroke)
6. Stres/depresi
7. Gangguan kecemasan
8. Dll

Insomnia dalam ilmu pengobatan cina umumnya dan ilmu akupunktur khususnya disebut sebagai Se Ming, Se berarti hilang, Ming berarti tidur, etiologi :

1. Terlampau memeras otak, keinginan/harapan tidak tercapai sehingga Ci Limpa dan Jantung mengumpal, fungsi jantung terggangu, Sen yang disimpannya tak terpelihara baik, maka timbullah insomnia.
2. Pengumbaran nafsu birahi yang melemahkan Yin Ginjal.
3. Adanya api hati
4. Tidak teratur makan melukai limpa dan lambung.

Akupunktur berkhasiat terhadap penyakit ini dan memberikan hasil yang baik. Dengan penambahan pengobatan dalam bidang mental (Psikoterapi) akan didapat hasil yang lebih memuaskan.
Klinik Akupunktur kami merupakan klinik pengobatan dalam bidang akupunktur dan refleksiologi menyediakan berbagai jenis pengobatan terutama pengobatan dalam penyakit insomnia. Klinik Akupunktur kami dapat memberikan psikoterapi yang berupa terapi kognitif untuk mempengaruhi pikiran dan kebiasaan-kebiasaan untuk tidur dan dapat mengobati gangguan kecemasan (depresi) melalui hipnoterapi jika diperlukan.

Penerapan yang paling efektif untuk penyakit insomnia (sulit tidur) adalah dengan menggunakan terapi akupunktur yang bertitik pusat pada daerah kepala, muka dan dada. Daerah kepala merupakan tempat pusat otak berkerja sehingga dapat mempengaruhi pikiran termasuk kondisi pikiran pada saat tidur, daerah muka merupakan tempat beradanya panca indera sehingga mempengaruhi seluruh aktifitas pancar indera pada saat ingin tidur kemudian daerah dada merupakan pusat jantung yang dapat mempengaruhi alirah darah pada seluruh tubuh kita. Oleh sebab itu, pengobatan tersebut akan berpusat pada tiga tempat tersebut untuk mempengaruhi kondisi tidur. Pengobatan akan diterapkan melalui penggunaan akupunktur pada titik-titik yang bersangkutan dan kemudian akan dipadu juga dengan pijat pengobatan untuk melemaskan otot-otot, angin, darah tersumbat atau adanya darah-darah yang kurang lancar di daerah kepala, muka maupun dada yang dapat menyebabkan gangguan tidur atau insomnia.

Titik-titik akupunktur yang sering digunakan untuk pengobatan insomnia adalah :

1. Titik utama : Shenmen, Neiguan, Sanyinjio
2. Limpu Xu dan kurang darah : Pishu, Xinshu, Yinbai
3. Jantung dan ginjal tidak seimbang : Xinshu, Shenshu, Taixi
4. Api Hati berkobar : Ganshu, Danshu, Wangu
5. Qi lambung tidak seimbang : Weishu, Zusanli

Pengobatan Nyeri Lambung (Gastritis)



Penyakit lambung/asam lambung/sakit maag merupakan penyakit yang berada di sekitar perut yang biasanya disertai oleh sakit pada perut, mual, mulas, kembung, nyeri di sekitar ulu hati bahkan sakit kepala. Gas/asam yang terlalu banyak di daerah lambung/perut dapat naik ke daerah dada sehingga menyebabkan jantung menjadi sakit, sesak nafas dan sulit untuk bernafas.
Nyeri lambung dapat disebabkan oleh tiga hal, yaitu :

1. Retensi makanan karena makan yang tidak teratur, terutama makan yang mentah dan dingin.
Gejalanya :
a. Nyeri distensi di daerah epigastrium yang bertambah jika ditekan atau sesudah makan
b. Sendawa berbauc. Tidak nafsu makand. Selaput lidah tebal dan lengket
e. Lidah dalam, kuat dan bergulir

2. Xu lambung terserang Qi hati yang disebabkan oleh kecemasan, kemarahan, dan depresi yang merusak hati sehingga menyerang lambung
Gejalanya :
a. Nyeri hilang timbul di daerah epigastrium yang menjalar ke daerah hipochandriac
b. Sering sendawa diiringi mual dan muntah
c. Perut kembungd. Tidak nafsu makan
e. Selaput lidah tipis putih
f. Nadi dalam seperti kawat

3. Qi lambung dengan stagnasi dingin karena serangan dingin patogen
Gelajanya :
a. Nyeri tumpul di daerah epigastrium yang berkurang dengan penekanan dan kehangatan
b. Kelemahan umum
c. Regurgitas cairan encer
d. Selaput lidah putih tipis
e. Nadi lambat

Sakit lambung juga bisa disebabkan oleh asam lambung yang diproduksi terlalu banyak akibat terlalu banyak makan-makanan yang mengandung gas, asam, pedas, kopi, alkohol, dsb secara berlebihan. Faktor stres juga bisa menjadi pencetus karena meningkatkan asam pada lambung. Pengobatan akupunktur yang merupakan pengobatan tradisional memang sangat cocok untuk mengobati penyakit lambung, terutama pengobatan dalam membuang angin di dalam perut, perut kembung dan mengobati fungsi lambung menjadi lebih baik kembali. Klinik Akupunktur Kami menyediakan pengobatan akupunktur untuk mengobati penyakit nyeri lambung.

Titik-titik akupunktur yang dapat dipilih untuk pengobatan nyeri lambung :

1. Untuk sakit lambung akibat makan tidak teratur dan makanan yang dingin (keracunan makanan).
a. Jianli (CV 11)
b. Neiguan (PC 6)
c. Zusanli (ST 36)
d. Neiting (ST 44)

2. Untuk Xu Lambung terserang Qi hati yang disebabkan oleh faktor stres, kecemasan, kemarahan, depresi dan sakit kepala.
a. Qimen (LR 14)
b. Zhongwan (CV 12)
c. Neiguan (PC 6)
d. Zusanli (ST36)
e. Taichong (LR 3)

3. Untuk Qi lambung dengan stagnasi dingin
a. Zhongwan (CV 12)
b. Qihai (CV 6)
c. Pishu (BL 20)
d. Neiguan (PC 6)
e. Zusanli (ST 36)
f. Gongsun (SP 4)

Klinik Kami Akupunktur kami mempunyai beberapa pengobatan alternatif untuk mengobati penyakit lambung dan semua dapat diterapkan dalam satu tahap terapi, seperti pengobatan akupunktur, pengobatan pijat untuk mengeluarkan angin/racun di dalam perut, pengobatan penyinaran (fisioterapi) untuk menghangatkan tubuh. Pengobatan tradisional akupunktur dapat dilakukan seminggu untuk dua kali tergantung seberapa besar penyakit tersebut. Jika penyakit lambung akut akan lebih cepat penyembuhannya sedangkan untuk penyakit lambung kronis membutuhkan waktu yang agak lama. Pengobatan di Klinik Akupunktur Kami tanpa penggunakan obat-obatan kimiawi, alami dan tanpa efek samping.

Gangguan Mental dengan Terapi Akupunktur




Menurut teori akupuntur, banyak hal yang melatar belakangi terjadinya gangguan mental. Secara umum di katakan sebagai kondisi patologi dari tidak seimbangnya fungsi lever,jantung dan saraf, baik dalam keadaan defisiensi atau hiperaktif. Gangguan ini bisa di sebabkan banyak faktor. Di antaranya menkonsumsi obat-obatan terlarang (psikotropika), stress, tertekan suatu masalah(depresi), sering merasakan kekecewaan dan kegagalan dan sebagainya. Kondisi  yang tampak sebagai tanda dan gejala gangguan mental/emosi, bisa muncul ke permukaan berupa penyakit  fisik dengan tanda berikut :

Sering pusing tanpa sebab, migren, sakit kepala, leher kaku ,pelupa, tidak bisa fokus pada suatu pekerjaan, pikiran sering was was dan tidak tenang, insomnia, tidur sering bermimpi menakutkan, nyeri kardik (nyeri di dada), panas di telapak tangan, nyeri saraf, maniak, kejang/epilepsi, pendarahan uterus, mual muntah, schizoprenia, pembicaraan ngelantur dan lainnya.

Kondisi ini bila berlanjut dapat mengakibatkan gangguan saraf yang serius dan kelumpuhan. Bahkan keadaan tak sadar/gila.

Dengan akupuntur,gejala dan kondisi gangguan mental dapat di sembuhkan dengan terapi rutin.yang berfungsi mengharmoniskan hati,dan menguatkan jantung.

Titik titik akupuntur untuk gangguan jiwa di antaranya :

Dai cung (Liv 3).berfungsi menyembuhkan sakit kepala,vertigo,hypertensi,insomnia,nyeri kardiak dan hipokondrium,pendarahan uterus,kejang,dan kegilaan.

Sen men(H 7).berfungsi untuk menyembuhkan palpitasi,amnesia,insomnia,mania,epilepsi,histeria dan panas.

Cangcu (Sc 3).berfungsi memperbaiki kesadaran,menguatkan otak,mengatur qi,dan menghilangkan stagnasi.

Cien si (p 5).berfungsi menenangkan jiwa dan pikiran,mengaktifkan qi dan darah,menenangkan lambung dan menghilangkan lembab.

Dan banyak lagi titik-titik lain yang dapat menenangkan dan menyembuhkan kasus-ksus mental dan jiwa pada umumnya.

Akupunktur dan Psikoterapi Untuk Penderita yang Mengalami Gangguan Kecemasan dan Depresi



Jika Anda sedang berjuang dengan masalah-masalah emosional kronis seperti kecemasan, depresi, atau stres berat, maka kemungkinan bahwa Anda mencari pilihan pengobatan alami yang tidak pajak tubuh dan sistem saraf dengan segala macam efek samping yang tidak diinginkan. Dua pilihan pengobatan terbaik untuk kecemasan dan depresi adalah akupunktur dan psikoterapi. Kombinasi dari pendekatan ini seringkali menimbulkan efek penyembuhan sinergis untuk klien.
Terapi bicara sangat membantu karena membantu klien melihat masalah mereka dengan lebih jelas, kesadaran, dan kasih sayang. Seorang terapis terampil dapat mengekspos keyakinan yang membatasi yang menyebabkan perjuangan emosional klien. Ini sering mengatakan bahwa pembatasan terapi adalah membantu Anda melihat lebih jelas masalah Anda, tetapi tidak benar-benar memberikan alat yang tepat untuk benar-benar mengubah mereka.
Ini adalah tempat akupunktur dapat sangat membantu. Akupunktur bertujuan untuk mengembalikan ketidakseimbangan energi dalam tubuh dan pikiran dengan mengatur aliran energi Qi fungsional atau melalui jalur energi utama tubuh. Pendekatan ini telah digunakan selama ribuan tahun untuk semua jenis masalah medis internal, dan sekarang melonjak pada popularitas untuk kemampuan luar biasa untuk mengobati pikiran. Banyak orang beralih ke akupuntur ketika semuanya gagal. Mereka tidak ingin mengambil obat-obatan dan mereka merasa bahwa mereka telah mencapai dataran tinggi dalam proses terapi mereka. Karena akupunktur bekerja pada substrat yang sama sekali berbeda dari tubuh daripada modalitas lain, sering dapat membantu mana teknik lain gagal.
Untuk klien berjuang dengan masalah emosional kronis, yang terbaik adalah untuk menggabungkan akupunktur dengan terapi. Dengan cara ini, klien menerima mendalam dukungan pada semua tingkat dan dari semua perspektif. Pikiran ditujukan langsung oleh sesi terapi, sedangkan komponen somatik yang mendasari adalah ditangani oleh sesi akupunktur. Banyak klien juga akan menemukan bahwa mengubah diet mereka, mengambil ramuan Cina, dan menggunakan berbagai suplemen gizi juga membantu kondisi mereka sangat. Karena kecemasan dan depresi cenderung muncul dari banyak faktor, yang terbaik untuk mengobati kondisi ini memanfaatkan berbagai pendekatan yang mengambil keseluruhan pribadi ke rekening.
Pastikan untuk berkomitmen serangkaian mingguan terapi dan sesi akupunktur untuk setidaknya satu bulan sebelum memutuskan apakah itu bekerja atau tidak. Banyak orang tidak mendapatkan manfaat penuh dari pengobatan karena mereka menyerah sebelum waktunya. Karena ini adalah teknik yang lebih alami, proses penyembuhan mungkin akan dilakukan secara bertahap. Kabar baiknya adalah bahwa penyebab akar masalah yang sebenarnya sedang ditangani, sedangkan obat-obatan cenderung untuk menempatkan perban pada gejala tanpa menargetkan penyebab yang mendasari. Akupunktur dan terapi bekerja sama dalam cara yang mendalam dan kuat untuk membawa orang kembali ke keadaan keseimbangan. Cobalah mereka untuk diri sendiri dan melihat bagaimana perasaan Anda setelah satu bulan atau lebih perawatan. Anda mungkin akan menemukan bahwa kamu memiliki hidup Anda kembali!

Akupunktur Sembuhkan Sesak Nafas (Asma Bronkial)


Penyakit sesak nafas berulang biasanya disebut sebagai penyakit asma atau bengek. Penyakit asma bronkial merupakan penyakit paru-paru yang ditandai dengan penyempitan menyeluruh saluran nafas.
Penyakit asma merupakan penyakit yang cukup berbahaya dan sepuluh penyebab kematian di Indonesia. Salah satu penyebab penyakit asma adalah polusi udara yang berasal dari asap rokok, cerobong asap/pabrik, asap kenderaan bermotor.

Pengoloongan dan patogenesis penyakit asama :

1. Tipe Shi
Asma tipe shi disebabkan oleh faktor patogen luar dan dapat dibedakan atas :

a. Tipe angin dingin
Disebabkan oleh serangan angin dingin sehingga menggangu kelancaran Qi paru-paru, melukai kulit dan rambut dan membuat pori-pori tertutup. Karena paru-paru dan sistem pertahanan superfisial melemah, Qi paru-paru gagal untuk menyebar dan menurunkan ke bawah sehingga menyebabkan batuk.
Gejalanya :
- Batuk dengan riak encer- Nafas cepat diiringi oleh menggigil
- Demam
- Sakit kepala
- Tidak berkeringat pada stadium awal
- Tidak haus
- Selaput lidah putih
- Nadi superfisial dan tegang

b. Tipe riak panas
Disebabkan oleh kegagalan limpa dalam transformasi dan transportasi sehingga mengakibatkan produksi riak dari lembab mengumpul. Apabila api riak menetap di paru-paru, paru-paru menjadi tersumbat dan kegiatan normal paru-paru menurun. Kegagalan dari Qi paru-paru dalam fungsi menurun ke bawah mengakibatkan asma.
Gejalanya :
- Nafas cepat dan pendek
- Suara keras dan kasar
- Batuk dengan riak kuning kental
- Rasa dada penuh- Demam
- Gelisah
- Mulut kering
- Selaput lidah kuning tebal atau lengket
- Nadi bergulir dan cepat

2. Tipe XuAsma tipe xu disebabkan oleh kelemahan daya tahan tubuh dan dapat dibedakan atas :

a. Xu paru-paru
Batuk yang lama dan memanjang dapat melemahkan dan melukai Qi paru-paru. Kelelahan berlebihan dan luka dalam dapat juga menimbulkan Xu dan Qi paru-paru.
Gejalanya :- Nafas pendek dan cepat
- Suara lemah
- Suara batuk lemah dan rendah
- Berkeringat dalam bekerja
- Lidah pucat
- Nadi tipe xu

b. Xu Ginjal
Kerja dan kegiatan seksual yang berlebihan dapat melukai ginjal. Penyakit yang berat dan kronis akan melemahakan daya tahan tubuh dan merusak Qi esensial. Asma yang berkelanjutan juga mempengaruhi ginjal. Kegagalan ginjal dalam menerima Qi akan menimbulkan asma.
Gejalanya :
- Sesak pada waktu belerja setelah asma yang lemah
- Jaringan lunak leher tertarik ke dalam
- Nafas pendek- Lelah dan lemah
- Berkeringat
- Anggota gerak dingin
- Lidah pucat
- Nadi dalam dan halus

Kini, Penyakit sesak nafas berulang (asma bronkial) dapat disembuhkan melalui pengobatan tradisional.
Untuk itu, Klinik Akupunktur kami yang berfokus pada pengobatan tradisional menawarkan pengobatan asma melalui persepektif TCM (tradisional chinese medicine) dengan media akupunktur, pijat pengobatan dan refleksi kaki. Pengobatan akupunktur mempunyai titik-titik di dalam tubuh untuk melaksanakan terapi asma, pijat pengobatan akan berfokus pada daerah dada untuk melancarkan darah yang tersumbat di daerah paru paru dan refleksi kaki sebagai kombinasi untuk mengobati penyakit asma melalui kaki.
Titik-titik akupunktur yang dapat digunakan :

1. Tipe angin dingin : Feishu (BL13), Fengmen (BL12), Dazhui (GV14), Lique (LU7), Hegu (LI4).
2. Tipe riak panas : Feishu (BL13), Tingchun, Tiantu (CV22), Chize (LU5), Fenglong (ST40)
3. Tipe Xu Paru-paru : Feishu (BL13), Taiyuan (LU9), Zusanli (ST36), Taibai (Sp3).
4. Tipe Xu Ginjal : Feishu (BL13), Taixi (KI3), Shenshu (BL23), Danzhong (CV17), Qihai (CV6)

Bagi pengidap asma atau sesak nafas tidak perlu merasa kesakitan dan kelelahan akibat terlalu capai bekerja karena pengobatan akupunktur dapat mengobati penyakit asma sampai tuntas, alami, tanpa efek samping dan tanpa obat-obatan. Pengobatan asma di Klinik Akupunktur Kami membutuhkan waktu kurang lebih dua atau tiga bulan untuk proses penyembuhan dan seminggu dua kali dapat rutin berobat.

Pengobatan Nyeri Haid & Keputihan



Nyeri Haid (Dysmenorrhoe) ini dibagi dalam dua jenis, yaitu Xu dan Shi. Nyeri untuk Xu disebabkan oleh gelisah, banyak berfikir, marah atau saat menstruarsi terkena dingin atau minum yang dingin sehingga terjadi darah beku pada uterus. Nyeri untuk Shi disebabkan oleh kurangnya Qi Xue sehingga meridian Cung dan Meridian Ren tidak seimbang.

Penggolongan penyakit nyeri haid :
1. Shi
Sebelum menstuarsi perut bagian bawah terasa sakit. Letak sakit menetap, sangat nyeri, tidak suka ditekan, kadang-kadang sakit sampai ke pinggang dan kaki. Setelah menstruasi nyeri ebrkurang, menstruasi kurang lancar, berwarna ungu kehitaman dan terdapat gumpalan darah serta nadi seperti sinar.

2. Xu
Setelah Menstruasi atau akhir menstuarsi perut bagian bawah terasa nyeri, sakitnya terus-menerus, sakitnya terus-menerus. Bila dihangati sakit berkurang. berwarna pucat dan sedikit darah, terlihat takut dingin, sakit berdebar-debar, pusing kepala serta nadi halus tidak bertenaga.

Nyeri haid yang disebabkan oleh gangguan Xu ataupun gangguan Shi dapat diobati melalui pengobatan akupunktur, penyinaran (fisioterapi) maupun terapi pijat di tempat dimana rasa sakit itu berkembang pada saat menstruasi. Klinik Akupunktur kami dapat memanfaatkan pengobatan akupunktur, penyinaran dan pijat pengobatan untuk menghilangkan rasa sakit tersebut, namun memerlukan waktu yang cukup lama untuk kesembuhan total dan tergantung oleh seberapa lama penyakit tersebut dideritanya.

Titik-titik akupunktur untuk mengobati nyeri haid yang disebabkan oleh gangguan Shi :
1. Xuehai, untuk melancarkan darah
2. Diji adalah titik Xu dan meridian Limpa, dikombinasi dengan Hegu untuk menghilangkan nyeri pada perut
3. Zhongji, Daju adalah titik lokal untuk melancarkan menstruasi dan menghilangkan rasa sakit.

Titik-titik akupunktur untuk mengobati nyeri haid yang disebabkan oleh gangguan Xu :
1.Guanyuan dimoxa untuk menghangatkan dan menambah Yian Qi
2. Pishu, shenshu mengatur fungsi limpa dan ginjal
3. Zusanli, sanyinjiao untuk menguatkan limpa lambung

Keputihan (Leukorrhoe)

Bila sedang tidak mengalami menstruasi tetapi dari vagina keluar cairan yang putih/kuning dan terus-menerus biasanya disebut keputihan (leukorhoe). Hal ini disebabkan oleh karena Qi Xue lemah dan lembab panas turun ke bawah sehingga meridian cong dan ren tidak seimbang. Qi dan meridian Dai juga tidak kuat.

Warna keputihan dapat putih dan kuning, karena Qi Xue dan lembab umumnya terjadi warna putih encer atau sedikit kuning, amis disebut keputihan. Nila karena lembab panas turun ke bawah warnanya kuning dan kemerahan berbau amis sekali. Sering terjadi pinggang pegal, pusing kepala, tubuh terasa lelah dan lain-lain.

Titik-titik akupunktur yang dipilih untuk mengobati keputihan :

1. Qihai, untuk melancarkan Qi dari Meridian Chong dan Ren
2. Daimai dan Wushu dapat menguatkan meridian dan mengobati keputihan (putih dan kuning)
3. Sanyinjiao untuk menurunkan panas dan menghilangkan lembab.
4. Shenshu, menguatkan Qi ginjal baik untuk gejala Xu
5. Ciliao dan Baihuanshu adalah titik lokal untuk menghentikan keputihan

Penyakit ini (keputihan) dapat berhubungan dengan radang genetalia, misalnya radang uterus, dsb dan juga dapat menyebabkan kegatalan pada alat kelamin.

Akupunktur Untuk Gangguan Makan /Menambah Berat Badan



Gangguan Makan Nasional Asosiasi Sates Amerika Serikat telah melaporkan bahwa ada sekitar 10 juta wanita dan 1 juta orang yang ada di AS yang menderita gangguan makan. Telah ditemukan bahwa mayoritas penduduk yang menderita gangguan makan adalah baik remaja atau perempuan muda. Gangguan ini juga dapat dilihat pada pria tua dan wanita.

Berbagai jenis gangguan makan telah dinamakan sebagai anorexia nervosa, bulimia nervosa, gangguan pesta makan dan beberapa orang lain gangguan makan yang belum ditentukan. Gangguan makan yang paling sering ditemukan adalah bulimia nervosa.

Perlakuan dari segala jenis gangguan makan meliputi baik psikologis serta masalah fisik. Belum ada persiapan perawatan konstan bermanfaat untuk makan gangguan. Perawatan sebenarnya mempertimbangkan langkah-langkah yang berbeda dan metode untuk pengobatan yang efektif. Di tingkat pertama, pengobatan psikologis perlu direncanakan. Untuk ini, akupunktur bisa datang sebagai sangat berguna karena melibatkan menghilangkan stres dan kecemasan. Berbagai gangguan emosi yang berhubungan dengan gangguan makan dapat diperlakukan dengan baik melalui akupunktur.

Dalam akupunktur untuk mengobati gangguan makan, titik penyisipan aurikularis jarum cukup efektif dalam membawa harmoni terkait dengan aliran energi untuk makan, pencernaan, penyerapan dan lain yang terkait fungsi metabolisme. Akupunktur memiliki kemampuan untuk mengurangi kerinduan diatur untuk makanan dan makan. Terapi yang dapat menaikkan endokrin dan sistem pencernaan secara keseluruhan, dan membawa keluar keseimbangan dalam aliran energi qi.

Pengobatan akupunktur kini telah hadir di Indonesia terutama di kota Medan. Bagi para pasien yang memiliki keluhan seperti kurang mempunyai nafsu makan, ingin menambah berat badan, mempunyai gangguan makan, sulit mengunyah makanan, dsb dapat diterapi melalui pengobatan akupunktur.

Pengobatan Diabetes Mellitus (DM)



Penyakit Diabetes Mellitus yang juga dikenal sebagai penyakit kencing manis atau penyakit gula darah adalah golongan penyakit kronis yang ditandai dengan peningkatan kadar gula dalam darah sebagai akibat adanya gangguan sistem metabolisme dalam tubuh, dimana organ pankreas tidak mampu memproduksi hormon insulin sesuai kebutuhan tubuh.

Insulin adalah salah satu hormon yang diproduksi oleh pankreas yang bertanggung jawab untuk mengontrol jumlah/kadar gula dalam darah dan insulin dibutuhkan untuk merubah (memproses) karbohidrat, lemak, dan protein menjadi energi yang diperlukan tubuh manusia. Hormon insulin berfungsi menurunkan kadar gula dalam darah.

Menurut pengobatan tradisional, Diabetes Mellitus dikenal sebagai Siao He disebabkan oleh karena terlalu banyak makan makanan manis dan lemak, juga karena emosi, gelisah dan marah. Siao dapat dibagi dalam 3 jenis, yaitu :

1. Sang Siao (Siao Atas) yang disebabkan api paru atau panasnya ciao atas, juga api jantung naik.
2. Cung Siao (Siao Tengah) yang disebabkan oleh api limpa atau lambung.
3. Sia Siao (Siao Bawah) yang disebabkan oleh Yinxu Ginjal atau api Ciao bawah berkobar.

Secara umum gejalanya adalah haus, suka minum, sering kencing dan urinenya manis, seperti :
1. Jumlah urine yang dikeluarkan lebih banyak
2. Cepat merasa haus
3. Lapar yang berlebihan
4. Sering Kencing
5. Kesemutan di telapak tangan dan kaki
6. Cepat Lelah
7. Rabun penglihatan
8. Mudah terkena infeksi di kulit
9. Luka sulit sembuh

Secara penggolongannya adalah :

1. Gejala Siao atas adalah : Lidah merah pecah-pecah, tenggorokan seperti terbakar, banyak minum siang dan malam tidak ada batasanya.
2. Gejala Siao Tengah adalah : Banyak makan cepat lapar, kurus, mulut kering ingin minum,. buang air besar keras dan banyak kencing.
3. Gejala Siao Bawag adalah : Diare, daun telinga layu, muka kehitaman, kurus, urine seperti berminyak dan gelisah ingin minum.

Klinik Akupunktur Kami  merupakan klinik pengobatan alternatif yang menggunakan terapi akupunktur, pijat tradisional dan refleksi kaki dapat mengobati penyakit kencing manis secara berkala sesuai dengan penyebab penyakit tersebut. Pengobatan akan berfokus pada organ-organ dalam, seperti limpa, pankreas dan daerah perut yang bermasalah akibat penyakit kencing manis, kemudian kami juga dapat memadukan pengobatan pijat untuk melancarkan darah yang apabila terdapat gangguan di mata (rabun mata), impotensi dan gangguan kebas/pegal pada seluruh badan atau badan lemas.

Titik-titik akupunktur yang dapat digunakan untuk pengobatan diabetes mellitus adalah :
1. Feishu (BL13) dan Chize (LU5) : Untuk menurunkan api dari Ciao Atas
2. Saoshang (LU11) : Untuk membersihkan Qi paru dan menurunkan panas
3. Pishu (DL20) dan SP2 (Dadu) : Untuk menurunkan panas pada limpa
4. Zhongwan (CV12) dan Xiangu (ST24) : Untuk menurunkan api lambung
5.Shuidao (ST28) : Dapat menjernihkan Yang Ming dan menurunkan panas dari Sanjio (Tripemanas)
6. Guanyuan (CV4) dan Shenshu (BL23) : Untuk menguatkan ginjal
7. Yongquan (KI1) dan Tangu (KI2) : Dapat menurunkan api dari Ciao Bawah
8. Sanjiaosu (BL22) : Untuk menurunkan panas dari Sanciao karena diabetes Mellitus (Siao He) tergolong penyakit Sanciao.

Pengobatan tradisional dapat mengobati pengobatan diabetes Mellitus sampai tuntas tanpa menggunakan obat-obatan, efektif dan tanpa efek samping. Pengobatan kencing manis dapat berangsung-angsur baik dan tidak akan kambuh kembali jika dapat menjaga kondisi badan dan jaga makanan dengan baik. Pengobatan secara rutin selama kurang lebih tiga bulan maka hasilnya kadar gula akan tetap stabil. 

Terapi Akupunktur untuk Autisme & Hiperaktif (ADHD)



" Andi.. Andi.. Haloo.. Andi.." panggil seorang ibu kepada anaknya namun anaknya tidak menjawab sama sekali. Anaknya bahkan bermain sendiri dan pandangannya sama sekali tidak melihat kepada ibunya.

Ibunya menjadi heran mengapa anaknya telah beranjak usia yang seharusnya dapat berbicara namun anaknya masih diam dan tidak bersuara. Mau dikatakan bisu juga tidak demikian karena anaknya dapat mengeluarkan suara ketika menangis dan kadang-kadang mengeluarkan suara yang aneh dan tidak ada maknanya.

Kadang-kadang anak tersebut juga suka melihat jam dinding dalam waktu yang cukup lama, meletakkan telinganya ke sound system dan tertawa sendiri, memegang dan melihat pintu terus menerus, memainkan jari dengan kecepatan yang tinggi, sering melompat-lompat kesana sini, berjalan dengan berjinjit kaki dan sangat nakal. Awalnya orang tua mereka dapat memaklumi tindakan anaknya karena menggagap hal itu biasa seperti anak lainnya namun lambat laun orang tua mereka tidak sanggup melihat perkembangan anaknya yang terus menerus seperti itu dan ingin mengubahnya. Salah satu cara yang diterapkannya adalah tidak memperbolehkan anaknya berperilaku seperti demikian lagi namun kenyataannya anak tersebut kembali lagi bersikap aneh. Akhirnya, , membuat orang tua tidak dapat menahan untuk memukulnya. Hal tersebut berkembang menjadi suatu kebiasaan. Padahal, anak-anak tidak seharusnya diperlakukan dengan kekerasan fisik...

Seorang ibu hampir setiap hari stres, sedih dan menangis melihat keadaan anaknya yang semakin parah.. Tidak mampu merespon terhadap keadaan lingkungan, tidak mampu belajar dan diajar, tidak dapat diperintah dan yang paling menyedihkan adalah hampir semua aspek kehidupan tidak mampu dijalani sendiri, termasuk makan, minum, buang air, ganti baju, pake sepatu, mengambil barang, dsb dan sangat tergantung oleh orang lain......

Apakah anakku Autis ? Apakah anak saya mengalami keterbelakangan mental ? Apakah anda saya dapat disembuhkan ?? Banyak orang tua yang mencemaskan hal ini...

Ya.. Kemungkinan besar anak anda telah mengalami gangguan perkembangan mental..

Autisme adalah gangguan perkembangan pervasif ang ditandai oleh kelainan pekembangan yang muncul sebelum usia 3 tahun, dan dengan ciri kelainan fungsi dalam tiga bidang, interaksi sosial, komunikasi, dan perilaku yang terbatas dan berulang..

Secara konkrit, penyebab utama yang menyebabkan autisme adalah faktor genetik/biologis.. Kemungkin terbesar adalah pada saat kondisi ibu mengandung anaknya. Sang ibu tidak berhati-hati dalam mengkomsumsi makanan, polusi, zat-zat, obat-obatan, radiasi, vaksin, dsb sehingga terjadi kerusakan otak pada sang anak..

Apa yang harus kita lakukan untuk menyembuhkan sang anak ??
Apakah hanya perlu menggunakan pengobatan kedokteran namun di sisi lain juga terdapat ganguan perilaku dan interaksi sosial..

Kita dapat menggunakan kedua medote tersebut untuk menyembuhkan anak anda, yaitu penyembuhan secara fisik dan psikologis.. jika hanya menggunakan terapi psikologis, pengobatan tidaklah terlalu efektif karena sumber utamanya adalah masalah pada organ tubuhnya yaitu otak, sumsum tulang, dsb. Begitu juga sebaliknya.

Bagaimana pengobatan kedokteran barat yang diberikan ? Apakah hanya dengan obat-obatan ? Apakah obat-obatan tidak mempunyai efek samping bagi organ-organ tubuh yang lainnya ? Apakah jika suatu saat obat-obatan dihentikan, perilaku anak tersebut dapat dipertahankan atau kemungkinan kembali lagi seperti semula ??

Kami mempunyai solusinya..

Alamiah, efektif, tanpa obat-obatan, tanpa efek samping, bermaanfaat, nyaman dan cepat..

Kami menggunakan pengobatan kedokteran timur yaitu terapi akupunktur, terapi penyinaran, terapi moksibasi, terapi penghagat, terapi listrik, terapi inframerah, terapi ultrasonik dan ramuan obat tradisional dipercaya dapat melancarkan aliran darah ke dalam otak sehingga mampu menyembuhkan organ-organ tubuh yang bermasalah..

Dipadu dengan pengobatan secara psikologis, yaitu terapi bicara (speech theapy), terapi tingkah laku, terapi bermain, terapi okupasi, dsb. Alhasil membuat anak lebih mampu menjalani aktivitasnya...

Sebuah kenyataan hidup yang mengatakan bahwa anak-anak autis telah mampu melanjutkan sekolah sampai jenjang S1, S2 bahkan S3..

Jangan biarkan anak anda terpuruk di rumah, jangan malu mempunyai anak autisme karena mereka sangat berharga. Biarlah anak anda dapat bersosialisasi dengan orang lain dan belajar seperti yang lainnya.

Fakta telah membuktikan bawah satu bulan terapi sudah terlihat hasilnya atau satu bulan telah terjadi perubahaan yang cukup positif.

Silahkan hubungi segera Klinik Akupunktur Altamedico Banjarbaru

Klinik Akupunktur Altamedico Banjarbaru
Jl. Mistar Cokrokusumo Kompleks Kesehatan No.31
Telp. 081251781888, 085754959988
Banjarbaru

Sinusitis dapat disembuhkan dengan Akupunktur tanpa operasi



Sinusitis terjadi karena peradangan pada rongga-rongga udara di sekitar hidung yang diikuti oleh infeksi saluran pernafasan. Infeksi pada rongga sinus tersebut mengakibatkan membentuknya lendir sehingga tersumbatnya saluran udara melalui hidung. Penumpukkan lendir merupakan tempat berkembang biaknya bakteri.

Sinusitis biasanya terjadi di sekitar area atas mata, tulang pipi dan rongga hidung. Gejala sinusitis biasanya sakit kepala, sakit dalam telinga, hilang indra penciuman, sakit pada tulang pipi, kadang-kadang disertai demam. Sinusitis kronik biasanya disebabkan oleh faktor struktur tulang di dalam hidung yang menghalangi jalur keluar masuknya udara melalui hidung sehingga mudah terjadinya penumpukkan lendir dan berkembang biaknya bakteri.


Sinusitis dapat dibagi menjadi dua tipe besar yaitu berdasarkan lamanya penyakit (akut, subakut, khronis) dan berdasarkan jenis peradangan yang terjadi (infeksi dan non infeksi). Disebut sinusitis akut bila lamanya penyakit kurang dari 30 hari. Sinusitis subakut bila lamanya penyakit antara 1 bulan sampai 3 bulan, sedangkan sinusitis khronis bila penyakit diderita lebih dari 3 bulan. Sinusitis infeksi biasanya disebabkan oleh virus walau pada beberapa kasus ada pula yang disebabkan oleh bakteri. Sedangkan sinusitis non infeksi sebagian besar disebabkan oleh karena alergi dan iritasi bahan bahan kimia. Sinusitis subakut dan khronis sering merupakan lanjutan dari sinusitis akut yang tidak mendapatkan pengobatan adekuat.

Gejala sinusitis yang paling umum adalah sakit kepala, nyeri pada daerah wajah, serta demam. Hampir 25% dari pasien sinusitis akan mengalami demam yang berhubungan dengan sinusitis yang diderita. Gejala lainnya berupa wajah pucat, perubahan warna pada ingus, hidung tersumbat, nyeri menelan, dan batuk. Beberapa pasien akan merasakan sakit kepala bertambah hebat bila kepala ditundukan ke depan. Pada sinusitis karena alergi maka penderita juga akan mengalami gejala lain yang berhubungan dengan alerginya seperti gatal pada mata, dan bersin bersin.

Komplikasi yang serius jarang terjadi, namun kemungkinan yang paling gawat adalah penyebaran infeksi ke otak yang dapat membahayakan kehidupan.

Kini Sinusitis dapat disembuhkan melalui pengobatan tradisional, terutama akupunktur. Pengobatan akupunktur untuk sinusitis cukup aman dan tanpa efek samping. Pasien akan sembuh secara total dan tanpa perlu melakukan operasi. Teknik akupunktur tersebut juga dapat diberikan kepada anak-anak, karena akupunktur tidak akan menimbulkan rasa sakit yang berlebihan.